Memasang Xfce Power Manager 1.6.0 di Slackware64 Current

بسم الله الرحمان الرحيم

Sejak Slackware64 Linux Current dengan desktop environtment Xfce terpasang di komputer jinjing pribadi saya, ada satu masalah kecil namun cukup mengganggu bagi diri saya pribadi. Masalah tersebut adalah tidak tampilnya informasi tentang status baterai pada tooltip pada aplikasi Xfce Power Manager. Karena masalah tersebut, saya jadi kesulitan untuk sekedar mendapatkan informasi tentang status baterai, sehingga pernah pada suatu saat komputer saya jadi mati tiba-tiba karena kehabisan daya baterai. Setelah saya cek, ternyata aplikasi Xfce Power Manager yang digunakan di Slackware Current saat ini masih menggunakan versi 1.4.4. Hal ini tentu dirasa agak ketinggalan mengingat versi terbaru dari aplikasi tersebut saat ini adalah versi 1.6.0.

Oleh karena itu, hal pertama yang muncul dalam pikiran saya untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menaikkan aplikasi Xfce Power Manager ke versi terbaru. Hal pertama yang saya lakukan adalah mendapatkan Slackbuild dari paket xfce4-power-manager versi lama untuk kemudian saya modifikasi sedikit dengan bantuan (mencontek) dari PKGBUILD paket tersebut yang saya dapatkan dari repositori Arch Linux. Setelah berkas Slackbuild-nya selesai dibuat, ternyata muncul satu masalah baru yaitu saat dilakukan kompilasi dan pembangunan paket. Masalahnya adalah proses kompilasi gagal dilakukan karena paket xfce4-power-manager terbaru membutuhkan paket upower dengan versi minimal 0.99 namun yang tersedia di sistem dan repositori adalah versi 0.9.23. Maka untuk mengatasinya, dilakukanlah kembali pembuatan berkas Slackbuild untuk paket upower versi terbaru, dan kali ini dengan sangat terpaksa 🙂 saya harus mencontek berkas Slackbuild yang dibuat oleh mas Widya Walesa. Terima kasih mas SamW41L.

Akhirnya semua paket yang saya butuhkan telah berhasil dibangun dan dapat dipasang ke dalam sistem tanpa masalah. Dan alhamdulillah setelah paket xfce4-power-manager versi 1.6.0 terpasang, kini tooltip aplikasi Xfce Power Manager telah dapat menampilkan informasi status baterai sebagaimana mestinya.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba memasang kedua paket diatas dapat mengunduh berkas Slackbuild dan berkas paket binernya melalui tautan berikut:

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

